Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Cara setting bias


Cara setting bias dan DC Offset pada power amp kelas AB 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Para pengunjung yg budiman,beberapa pertanyaan tentang bias dan DC ofset sering ditanyakan oleh tema² yg akan merakit amplifier,utk itulah kali ini Saya mencoba utk membuat posting ttg itu.Namun perlu dicatat bahwa sebagai manusia g masih bnyk kekurangan tentunya sangat mungkin ada kesalahan. Jadi kritik dan saran masih sangat diharapkan.
Pengunjung sekalian,kemampuan melakukan setting pada power amp merupakan yg hrs dikuasi jika kita merakit sebuah power amp TR berdaya besar,mengapa demikian ? Mungkin itu pertanyaannya. Krn jika kita tdk menguasainya akan mengakibatkan kerusakan pada power TR dan juga bisa membakar spul /gulungan speaker.Melakukan setting bias dan DCoffset pada power amp kadang² menjadi hal yg gampang² susah. Oleh krn itu sebelum mencoba power amplifier maka pastikan bhw kita bisa konsentrasi penuh ke amp yg sedang kita hadapi.Pada umumnya sebuah power amplifier TR terdiri dari tiga bag utama, yaitu
masukan audio,
bag tengah dan
bagian akhir.
Cara setting bias


Utk memulai setting maka pastikan bhw jalur PCB anda sdh benar. Pastikan juga semua komponen amplifier sdh terpasang dan tersolder dgn benar dan tdk ada letak kaki komponen yg terbalik.Hub input amplifer ke ground agar benar² tk ada sinyal audio masukan yg bisa menggangu proses setting. Biasanya pengaturan atau setting power amplifier kelas AB ada pada bag input P1 dan bag tengah P2. Dimana potensionmeter P1 digunakan utk mengatur DC offset pada jalur output kespeaker agar mendapatkan DC offset mendekati 0-volt, atau hrs dibawah 20 miliVolt. Caranya gunakan multimeter pada DCvoltmeter diset DC 2.5V range.Kemudian letakkan jarum setting merah pada output speaker, sdg jarum hitam dihub ke induk grounding star. Lalu atur potensiometer P1 hingga mendapatkan DCoffset paling rendah (mendekati nolatau dibawah 20mV).Apabila pada bag input stagepower amplifier anda tidak ada potensio meter P1 maka anda tinggal mengatur setting bias yg biasanya terletak pada VAS atau bloktengah power amplifier. Atur multimeter pada ampere meter yg diset ke 500mA. Kemudian lepaskan kabel Vcc dan disambung seri powersupply - jarum multimeter merah -multimeter - jarum multimeter hitam - power amplfier.Nyalakan power amplifer dan atur hingga multi meter menunjuk 50mA.Sampai disini maka power amplifier lekas AB anda sudah siap utk digunakan.Masa Servis sarankan utk mengatur bias sampai sekitar120mA utk menghasilkan suara /audio yg lebih berkualitas.Tentunya semakin besar arus biasnya akan semakin baik kualitas aduio yg dihasilkan, dan resikonya power amplifier akan semakin panas,maka anda hrs memperhatikan atau menambah besarnya aluminum pendingin tr.Jika dirasa perlu bisa menambah kipas utk mengurangi panas.Bahkan anda bisa mengatur arus biashingga 250 mA asal DC ofset yg dihasilkan masih mendekati nol.


Cara setting bias

Selamat mencoba utk mendaptkan kualitas suara sesuai dgn selera telinga anda. Bila anda sudah menguasai cara setting bias dan DCoffset, maka mau merakit amplifierberapa watt pun tdk perlu lagi kuatir ada masalah.

Komentar

  1. Cek bias dalam kondisi off atau dikasih supply?

    BalasHapus
  2. Caranya untuk jadikan driver 140 watt jadi 2 tingkat gimana ya

    BalasHapus
  3. Arus bias lebih dari 100MA/1V, Tr.Final akan panas meskipun belum dikasih Beban.
    Jd yg ideal adalah 60MA/0,6V
    Tegangan 90Vdc atur arus bias 50MA/0,5V Tr.Final akan aman.
    Tegangan 70Vdc atur arus bias 60MA/0,6V Tr.Final akan aman.

    BalasHapus
  4. Untuk power yg di tef/def. Apakah bagian tef/def nya akan panas...??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENTINGKAH HFE TRANSISTOR FINAL POWER AMPLIFIER

CARA MODIFIKASI POWER OCL 150 W